5 Cara Atasi Sembelit Selama Kehamilan

Panduan Ibu Hamil - Semeblit atau konstipasi biasanya akan dirasakan oleh ibu hamil, dan hal ini akan di rasakan oleh bumil selama masa kehamilan berlangsung.

Untuk gejala sembelit yang kerap di alami oleh ibu hamil sangatlah berbeda antara satu orang dengan yang lainnya, diantaranya ada yang merasa kalau perutnya kembung, dan ketika mereka buang air besar maka kotoran yang di keluarkan berbentuk bulatan kecil seperti kotoran kelinci. Namun sebagian lainnya ada yang mengalami kesulitan saat buang air besar. Dan seseorang akan di katakan mengalami sembelit ketika mereka tidak buang air besar kurang dari tiga kalai dalam satu minggu.


Nah, pada ibu hamil, sembelit ini sangat umum terjadi, apalagi selama masa kehamilan dan di awal-awal setelah proses persalinan. Dan di bawah ini ada beberapa cara yang bisa di lakukan oleh bumil guna mengatasi sembelit ketika masa kehamilan, yaitu sebagai berikut:

1. Olahraga secara teratur
Seringlah berolahraga yang ringan yang cocok dilakukan oleh ibu hamil. Karena dengan olahraga juga bisa membantu mengatasi sembelit yang kerap terjadi pada bumil

2. Minum banyak air
Selama menjalani masa kehamilan, proses penyerapan air yang di lakukan oleh usus akan jauh lebih meningkat. Dan nantinya air tersebut akan di gunakan untuk membantu tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan. Itu sebabnya mengapa bumil harus mengkonsumsi air mineral dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya, agar fases cukup mengandung air, sehingga hal ini juga memudahkan untuk bumil mengeluarkan kotoran yang ada di dalam tubuh.

3. Mengambil suplemen vitamin dan mineral yang tepat
Ada beberapa jenis suplemen yang memang bisa menyebabkan terjadinya kembung juga sembelit pada ibu hamil. Ada salah satu penelitian yang menunjukkan, bahwa jika ibu hamil di haruskan mengkonsumsi atau memilih suplemen kalsium, maka bumil dianjurkan untuk memilih suplemen yang mudah larut, karena pemberian suplemen pada ibu hamil yang memang tidak sesuai juga bisa menyebabkan sembelit pada bumil. Dan untuk keamanan yang lebih jauh, sebaiknya sebelum mengkonsumsi suplemen bumil sebaiknya mengkonsultasikannya terlebih dahulu kepada bidan atau bahkan dokter kandungabn.

4. Pelunak tinja
Ketika sembelit, bumil juga bisa menggunakan pelunak tinja guna menghilangkan sembelit. Namun dengan catatan atas resp dokter.

5. Makan makanan panas dan dingin secara bergantian
Salah satu cara alami guna menghilangkan sembelit pada bumil yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan panas dan dingin secara bergantian. Dan hal ini tidak hanya berlaku untuk makanan, namun juga berlaku untuk minuman.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh bumil guna mengatasi sembelit ketika masa-masa kehamilan, semoga tips yang kami berikan kali ini bisa sangat membantu bumil semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »