Mencegah Juga Mengatasi Terjadinya Melasma "Topeng Kehamilan"

Melasma atau dikenal juga dengan sebutan topeng kehamilan, yaitu hal yang bisa membuat kulit menjadi hitam serta bisa menimbulkan bintik yang berwarna coklat. Malesma ini kerap terjadi selama atau bahkan setelah proses persalinan berlangsung. Dr Elizabeth L. Tanzi dari Johns Hopkins Hospital Center di Baltimore, dalam menyikapi American Academy of Dermatology yang berlangsung pada tahun 2010, telah mencatat penyebab umum terjadinya hal ini yaitu adanya paparan sinar matahari.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa bumil lakukan guna mencegah terjadinya melasma atau topeng kehamilan, yang memang kerap menyerang kehamilan, yaitu sebagai berikut:

1. Lengkapi Kebutuhan  Asam Folat
Guna mencegah terjadinya melasma pada ibu hamil, maka bumil harus melengkapi asupan asam folat, asam folat ini banyak terkandung di dalam sayuran yang berdaun hijau, royi gandum, jeruk, juga bahkan sereal gandum.

2. Lindungi diri Anda dengan menggunakan tabir surya
Guna mencegah terjadinya melasma, bumil juga dianjurkan untuk menggunakan SPF yang tinggi, setidaknya gunakan SPF 15 atau idealnya SPF 30 atau bahkan jumlahnya bisa lebih.

3. Menyamarkan Topeng kehamilan dengan menggunakan concealer
Bumil harus memilih foundation juga concealer korektif yang memang memiliki kandungan non-comedogenic, hypoallergenic bahkan dirancang atau diciptakan guna menutupi hiperpigmentasi. Anda bisa memilih SPF yang sesuai dengan keadaan kulit bumil.

4. Ekstrak kulit pinus
Bumil juga bisa mengatasi melasma dengan menggunakan ekstrak kulit pinus. Karena ekstrak kulit pinus ini memiliki kandungan pycnogenol standar, sebuah antioksidan yang sangat kuat yang bisa melindungi kulit dari sinar ultraviolet, atau UV juga radiasi.

5. Ginseng
Bumil juga bisa mengatasi masalah terjadinya melasma atau topeng kehamilan dengan menggunakan ginseng. Bumil bisa sedikit mencampurkan teh ginseng dengan jumlah yang sama dengan bubuk pegagan serta bubuk akar ginseng untuk membuat salep yang nantinya digunakan untuk mengobati melasma. Oleskan ramuan tersebut langsung pada melasma yang ada pada kulit.

6. Anggur dan Raspberry
Jika bumil ingin menghindari terjadinya resiko juga campuran berbagai macam bahaya, maka bumil bisa menggunakan ekstrak biji anggur. karena ekstrak biji anggur juga bisa mengatsi terjadinya melasma yang terjadi pada bumil.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa ibu hamil gunakan ketika ingin mengatasi atau bahkan mengobati terjadinya melasma ketika masa kehamilan, semoga artikel yang kami postingkan kali ini bisa sangat membantu ibu hamil semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »