5 Hal Penting yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil

Setiap pasangan terutama pasangan yang baru menikah pastinya sangat mengharapkan mendapatkan kehamilan. Dan kehamilan ini merupakan anugerah terbesar yang diberikan oleh Yang maha Kuasa yang harus di jaga dan dipelihara dengan sebaik mungkin, sehingga ketika bayi di lahirkan, akan menjadi bayi yang sangat berkualitas.

Nah, perlu Anda ketahui, bahwa ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda menjalankan masa kehamilan. Bukan hanya asupan makanan yang harus di perhatikan, namun ada beberapa hal yang juga tidak boleh Anda lakukan ketika masa kehamilan. 
Lantas, apa saja yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil selama menjalankan kehamilannya, berikut ulasannya:

1. Memakai Sepatu Hak Tinggi
Seorang ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan sepatu yang memiliki hak tinggi, karena hal ini bisa menyebabkan peregangan pada beberapa otot yang ada di daerah pinggang. Dan jika ibu hamil menggunakan sepatu yang memiliki hak tinggi, maka akan sering mengalami keluhan sakit, terutama di bagian pinggang juga punggung. 

2. Menggunakan Obat Anti Nyamuk
Ibu hamil juga tidak dianjurkan untuk menggunakan obat nyamuk, baik yang di bakar, disemprot ataupun yang di oles. Mengapa? karena obat nyamuk mengandung sejumlah bahan-bahan kimia aktif yang memang masih tergolong kepada pestisida. Dan efek samping dari bahan-bahan kimia ini mampu merusak jaringan saraf, bahkan obat nyamuk semprot bisa menyebabkan kerusakan ginjal pada bayi yang ada di dalam kandungan.

3. Mengkonsumsi Obat-obatan Tanpa Petunjuk Dokter
Ibu hamil harus lebih hati-hati dalam mengkonsumsi obat-obatan, apalagi obat yang dikonsumsi tanpa adanya resep dari dokter. Kenapa? karena obat yang dikonsumsi oleh ibu hamil bisa langsung masuk ke dalam plasenta serta sirkulasi janin. Bahkan ada beberapa jenis obat yang memang bisa disekresi melalui ASI, sehingga kadar di sirkulasi tubuh bayi hampir sama dengan kadar yang ada di dalam darah ibu yang memang dalam beberapa situasi bisa membahayakan bayi yang ada di dalam kandungan.

4. Diet Selama Kehamilan
Ibu hamil juga sangattidak dianjurkan untuk tidak melakukan diet selama masa kehamilan, karena hal itu akan sangat membahayakan ibu juga janin yang ada di dalam kandungan. Mengapa dilarang? Karena menjalankan diet selama proses kehamilan hanya akan menyebabkan kurangnya asupan vitamin, mineral, juga berbagai macam zat lainnya yang memang sangat di butuhkan oleh bayi yang ada di dalam kandungan.

5. Jenis Konsumsi Yang Beresiko Bagi Kehamilan
Ibu hamil juga harus lebih teliti dalam memilih berbagai jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Jangan sampai ibu hamil salah dalam memilih menu makanan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »