Cara Menjaga Kehamilan Trimester Pertama

Panduan Ibu Hamil


Mengetahui untuk pertama kali kehamilan adalah sangat menggembirakan bagi pasangan suami istri yang menginginkan buah hati. Ditahap ini kita harus ekstra hati hati menjaga kandungan karena masih rawan akan resiko keguguran. Sebagai pasangan suami istri tentunya hal ini sangat ditakutkan. Oleh karena itu diperlukan kiat-kiat untuk menjaga agar kehamilan yang sedang dijalani tetap berlangsung sehat.

Berikut tips-tips dan Cara Menjaga Kehamilan Trimester Pertama yang dapat dilakukan oleh ibu hamil :

1.    Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang bagaimana caranya menjalani kehamilan yang sehat baik melalui buku, media kabar, televisi, internet, dll.

2.    Makan makanan yang sehat. Makanan yang baik untuk perkembangan otak janin adalah makanan yang banyak mengandung asam folat, diantaranya hati, kembang kol, alpukat, wortel, asparagus, brokoli, bit merah, sayur bayam, tomat, dan berbagai jenis kacang-kacangan. Kerena pada triwulan pertama merupakan perkembangan otak janin.

3.    Pakai baju yang longgar dan hindari aktivitas berbahaya..
Mulailah dan segera membiasakan diri mengenakan baju-baju yang longgar, meskipun perut belum kelihatan membesar, dan hindarilah aktivitas yang terlalu berat ketika hamil, karena dapat menimbulkan kecapekan terutama bagi ibu hamil yang memiliki riwayat anemia. Janganlah melakukan gerakan-gerakan yang membahayakan seperti gerakan menghentak, lompatan dan loncatan. Karena trimester pertama merupakan masa kehamilan yang rawan keguguran.

4. Menghindarkan rasa mual dan pusing.
  • Jangan bergerak secara spontan. Usahakan secara perlahan-lahan ketika ibu hamil hendak bangun dari tidur atau berbaring, jangan dilakukan secara sekaligus dan spontan. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan rasa mual dan pusing. 
  • Hindarilah makanan yang memiliki bau menyengat yang dapat menyebabkan Anda mual dan muntah.
  • Minumlah air hangat di pagi hari, karena air hangat dapat memberikan rasa nyaman pada perut.
  • Sediakanlah selalu minuman dan makanan kecil yang mengandung kadar garam rendah di dekat kamar tidur, hal ini dilakukan agar stelah makan makanan tersebut, ibu hamil terhindar dari rasa mual dan muntah pada saat akan beraktivitas. Makanan kecil yang dapat disajikan antara lain seperti biskuit, roti gandum, atau buah-buahan

6. Menghindari perut kembung. Untuk mengatasi perut kembung saat hamil, hendaknya ibu hamil makan dalam porsi kecil tetapi sering.Perut kembung disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron yang menyebabkan terkumpulnya gas dalam saluran pencernaan

7. Lakukanlah pemeriksaan rutin ke dokter atau ke bidan, untuk mengetahui perkembangan kehamilan Anda


Baiklah, mungkin itu sebagian kecil Cara Menjaga Kehamilan Trimester Pertama yang saya bagikan kepada anda para pembaca terutamanya untuk anda para ibu hamil, dan pastinya masih banyak cara-cara yang lain yang bisa ibu dapatkan. Semoga ini dapat bermanfaat bagi kita semua terutama para ibu-ibu hamil.

Dapatkan dan miliki buku lengkap  PANDUAN IBU HAMIL